Selasa, 05 Februari 2013

Nokia 7610 Keypad No Work, Insert SIM Card and Enhancement Not Support

Mobile Service

 
Sahabat....., lagi-lagi 7610 yang saya dapatkan......kali ini permasalahannya cukup kompleks yaitu, sebagian keypad tidak bekerja dan insert sim card..
 
Mau tau cara bang diek memperbaikinya..? simak penjelasan berikut di bawah ini ya...

1. Tidak bekerjanya keypad/keyboard disebabkan oleh beberapa faktor..misalnya disebabkan oleh :papan keypad, konektor keypad, emif, atau bahkan CPU. Nah, untuk dalam menangani kasus kita harus melakukan pengecekan dari ujung mata rantai jalur tersebut...Misalnya sekarang pada 7610..mata rantainya sebagai berikut: "CPU-->emif keypad (ada 2)-->konektor keypad-->papan keypad."

Berdasarkan alur mata rantainya kita harus melakukan pengecekan dari ujungnya yaitu dari papan keypadnya, jangan melakukan pengecekan awal dari CPU, karena akan menyulitkan kita dalam melakukan perbaikan ponsel.
Perlu diketahui kita harus mampu untuk membaca jalur kaypad dari nokia 7610.. diakui sangat rumit memang dan sangat membingungkan, akan tetapi di sini bang diek langusung saja memberikan triknya ya biar lebih mudah dan lebih singkat dalam menangani masalah keypad...Perhatikan gambar di bawah ini:
Kalian lihat ada 2 buah emif yang letaknya di bagian kiri dan kanan konektor keypad bentuknya segi empat itu adalah emif keypad..

Apabila ada beberapa tombol yang tidak berfungsi biasanya disebabkan karena emif yang rusak. perhatikan baik-baik saya akan jelaskan sedikit mengenai gambar di atas. Jika kalian menemukan pada nokia 7610 keypad 1, 4, 7, pen atau 4,5,6 dan call tidak bekerja maka masalah ada pada emif yang sebelah kanan. Jika keypad 1,2,3 dan nol tidak bekerja maka yang bermaslah adalah emif bagian kiri...Bagaimana kalau yang bermasalah adalah keypad 1,2,3,c,# dll..?kerusakannya terjadi pada kedua emifnya..lakukan rehot sambil di goyang emifnya sedikit, jika tidak berhasil maka ganti dengan yang baru...sebagaimana yang saya lakukan pada kasus yang saya dapatkan...

2. Untuk insert sim card saya singkat saja penjelasannya, anda perhatikan skema simcard untuk nokia 7610 di bawha ini:


bagian x310 adalah konektor dari sim card (kartu)...Anda perhatikan pada konektor tersebut terdapat no. 1, 2, 3, 5. 6 dan 7..kalau kita melakukan pengukuran resistansi atau hambatan dalam, untuk no 1, 2, 3 dan 7 akan memiliki nilai resistansi..sedangkan untuk no. 5 adalah ground dan letaknya selalu berhadapan dengan vsim..sedangkan untuk no 6 itu tidak terhubung dengan bagian manapun..Cukup anda melakukan pengukuran pada titik 1,2,3, dan 7 saja apakah ada resistansi atau tidak..? jika tidak ada maka kemungkinan terjadi putus jalur...Untuk kasus yang saya tangani ini, setelah melakukan pengukuran untuk resistansi didapatkan bahwa nilai resistansi untuk titik 1, 2 dan 7 tidak ada.. Setelah saya lihat pada bagian komponen ternyata r311 dan r312 tidak ada. Akhirnya saya gantikan dengan komponen resistor lain dari hp 7610 lain. Kemudian saya lakukan penggantian emif simcard akhirnya sim cardnya terbaca...

Setelah ponsel saya hidupkan dan masuk ke bagian menu eh ternyata ada masalah lain juga....selalu muncul keterangan "enhancement not support"

Capek deeeeeeeeeeeeh...

3. Enhancement not support kalau dalam bahasa indonesianya kira-kira seperti ini neh "perangkat tidak di dukung". Namanya perangkat tidak didukung saya ingat dulu pernah masukin masukin handsfree terus si handsfree ini tidak cocok mucul keterangan enhancement not support...Berarti masalah kemungkinan ada di plug in nya...saya coba angkat satu persatu kaki pluginnya setelah itu saya hidupkan kembali ponselnya ternyata keterangan enhancement not suppot tidak muncul lagi....nice info :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar